Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Dalam Layanan Konseling Kelompok Pada Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Sarimadana, Desti (2022) Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Dalam Layanan Konseling Kelompok Pada Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (158kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/�

Abstract

Kemampuan mengungkapkan pendapat merupakan adanya kesanggupan untuk menyatakan pikiran atau perasaannya, kemampuan mengekspresikan ide, mempertahankan hak individu dan tidak melanggar dan menghargai hak orang lain. Sesuai temuan peneliti di lapangan terdapat beberapa siswa yang masih kurang dan ditemukan saat pelajaran tidak mampu mengungkapkan apa yang ingin disampaikannya, malah terkadang hanya diam saja di kelas. Selain itu saat pemberian layanan BK terkhusus layanan konseling kelompok yang pernah dilakukan masih adanya siswa yang tidak memberikan pendapat dan tanggapannya sehingga tidak terlihatnya dinamika kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk adanya perbaikan dan melihat peningkatan mengungkapkan pendapat siswa dengan teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan Penerapan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa dalam Layanan Konseling Kelompok pada Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Teknik assertive training ini sendiri sangat efektif dalam membantu siswa memberikan pendapat, tanggapan, ataupun contoh dengan metode role playing yang di mana membangun hubungan dan interaksi satu sama lain, selain itu bagaimana dapat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain dengan tetap menghargai orang lain tersebut, serta membantu menghadapi atau mengentaskan permasalahan yang dialami. Jenis penelitian ini adalah PTL (Penelitian Tindakan Layanan). Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa siswa kelas XI yakni terdiri dari 2 Laki-laki dan 4 Perempuan dengan inisial A1P, C2H, I3P, H4S, C5A dan R6S. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Refleksi. Untuk melihat proses dari setiap siklus yang dilakukan yaitu adanya lembaran observasi proses kegiatan dan lembar kriteria keberhasilan yang diisi oleh kolaborator. Berdasarkan hasil yang didapat setelah pelaksanaan siklus satu (I) maka peningkatan mengungkapkan pendapat siswa terjadi sebanyak 46%, kemudian pada pelaksanaan siklus dua (II) peningkatan mengungkapkan pendapat siswa terjadi sebanyak 62% sedangkan pada siklus ketiga (III) peningkatan mengungkapkan pendapat siswa terjadi sebanyak 88%. Hendaknya setelah dilakukan perbaikan dalam tindakan ini dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat dengan teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok di mana siswa mampu lebih mengekspresikan dirinya kepada orang lain, lebih aktif dan dapat efektif lagi menjalani kehidupan sehari-harinya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengungkapkan pendapat, Teknik assertive training, Layanan Konseling Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SARIMADANA
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:47
Last Modified: 01 Dec 2022 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41003

Actions (login required)

View Item View Item