Analisis user experience sistem elektronik terintegrasi tugas akhir mahasiswa (ELISTA) Universitas Jambi menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Pratama, Krisna Bayu (2022) Analisis user experience sistem elektronik terintegrasi tugas akhir mahasiswa (ELISTA) Universitas Jambi menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). S1 thesis, Sains dan Teknologi.

[img] Text
SKRIPSI-F1E115007-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil analisis pengalaman pengguna(userexperience)dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) pada Sistem Elektronik Terintegras Tugas Akhir Mahasiswa(ELISTA) UniversitasJambi.Metode analisis pengalaman pengguna UEQ memiliki 3 variabelutama, diantaranya:Attractiveness,Pragmatic Quality dan HedonicQuality. Dalam menggunakan 3 variabel analisis tersebut terdapat 6 skala analisis,diantaranya:Attractiveness(Dayatarik),Perspicuity(Kejelasan),Dependability(Ketepatan),Efficiency(Efisiensi),Stimulation(Stimulasi)danNovelty(Kebaruan). User experience menggambarkan pengalaman yang didapatkan oleh pengguna ketika menggunakan produk lunak. Fokus kepada kebutuhandan emosi pengguna ketika menggunakan sebuah produk merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah perangkat lunak. Sebagai sebuah produk perangkat lunak,ELISTA memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa diperguruan tinggi.Pengukuran user experience bertujuan untuk mengetahui pengalaman yang diperoleh pengguna ketika menggunakan ELISTA.Penelitian ini dilakukan di universitas Jambi pada 86 responden mahasiswa aktif.Hasil dari evaluasi user experience menggunakan UEQ diperoleh untuk setiap aspek UEQ adalah dayatarik 1,23,kejelasan 1,02,efisiensi 1,05,ketepatan 1,34,stimulasi 1.32 dan kebaruan 1,14. Hal ini menunjukan bahwa seluruh aspek user experience memperoleh impresi positif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PRATAMA
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:36
Last Modified: 18 Nov 2022 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41062

Actions (login required)

View Item View Item