Tampubolon, Rohani (2022) Penerapan Metode Project Based Learning Menggunakan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI FASE F 3 SMA N 7 Kota Jambi pada materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
_BAB V_.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
_BAB I_.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
_DAFTAR PUSTAKA_.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
_ABSTRAK_.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuhan dan Pengesahan.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
_SKRIPSI Fuul Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tampubolon, Rohani.2022. Penerapan Metode Project Based Learning Menggunakan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI FASE F 3 SMA N 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Maizar Karim, M.Hum. (II) Reka Seprina, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Metode Project Based Learning, video, Hasil Belajar Sejarah Rendahnya Hasil Belajar sejarah siswa di kelas XI FASE F 3 SMA Negeri 7 kota Jambi disebabkan karena adanya beberapa masalah yang Perlu diperbaiki. beberapa masalah ini antara lain pengunaan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas kurang optimal, adanya kendala menggunakan metode yang tepat sehingga masih banyak siswa yang tidak aktif dan memperhatikan guru ketika mengajar di kelas. kemudian dalam berdiskusi siswa juga cenderung masih bersikap pasif. Hal ini dikarenakan belum tepatnya pemilihan metode dan media yang digunakan guru, dalam pembelajaran sejarah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dengan menggunakan metode Project Based Learning menggunakan Video pada mata pelajaran sejarah kelas XI FASE F 3 SMA N 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari III siklus, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 kota Jambi yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI FASE F 3 sebanyak 23. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Nilai hasil tes siswa pada pra siklus persentasenya 30,43% dengan nilai rata- rata 68,26 dengan kategori rendah, pada siklus I mengalami peningkatan persentasenya 60,86% dengan rata-rata 73,47 dengan kategori sedang, pada siklus II mengalami peningkatan persentasenya 73, 91% dengan nilai rata-rata 77,60. Pada siklus III mengalami peningkatan signifikan yaitu persentasenya 100% dengan nilai rata-rata 92,13%. Berdasarkan hasil diatas penerapan Project Based Learning menggunakan video berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI FASE F 3 SMA N 7 Kota Jambi Jambi pada materi Kolonialisme dan perjuangan Bangsa Indonesia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Project Based Learning, video, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | TAMPUBOLON |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 03:27 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |