PUTRAB ABI, DIO (2022) ANALISIS PENERAPAN GAYA MENGAJAR GURU INTERAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 6 BATANGHARI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn). S1 thesis, PPKN.
Text
fix skripsi dio.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
Cover DIO ABI PUTRA Fdp.pdf Download (444kB) |
|
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (220kB) |
|
Text
Abstrak DIO ABI PUTRA fdp.pdf Download (307kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (575kB) |
|
Text
BAB V D.pdf Download (572kB) |
|
Text
Dafatr pustaka.pdf Download (87kB) |
Abstract
Putra, Abi Dio. 2022. Analisis Penerapan Gaya Mengajar Guru Interaksional untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 6 Batanghari pada Mata Pelajaran (PPKn): Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. M. Salam, M.Si, (2) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Gaya mengajar Interaksional, Minat Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan berupa rendahnya minat belajar siswa kelas X IPS dalam pembelajaran PPKn. Kurang terlibatnya siswa dalam proses belajar mengajar serta minimnya interaksi antara siswa dan guru menjadi salah satu alasan rendahnya minat belajar siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui improvisasi gaya mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil akhir yaitu hasil belajar juga dapat membaik dibandingkan sebelumnya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode snow ball sampling yang mana peneliti tidak membatasi atau menyeleksi jumlah informan melainkan didasarkan atas kecukupan data yang di perlukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA 6 Batang hari yang mana melibatkan 13 informan yang terdiri dari 12 siswa dari masing masing kelas X IPS dan satu guru mata pelajaran PPKn Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan gaya mengajar guru secara interaksional mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Batanghari pada mata pelajaran (PPKn). Terdapat 4 indikator yang dapat mengukur minat belajar siswa yaitu perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan siswa dan perhatian siswa. Berdasarkan hasil sebar kuisioner yang dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa secara dominan 4 indikator tersebut dapat terpenuhi untuk menarik konklusi bahwa minat belajar siswa membaik dibandingkan sebelum diterapkannya gaya mengajar secara interaksional. Dari hasil penelitian ini disarankan sekolah hendaknya lebih gencar meberikan dukungan dan bimbingan serta arahan kepada peserta didik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya mengajar Interaksional, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | PUTRA |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 06:40 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41193 |
Actions (login required)
View Item |