Susianty, Era (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN (BDP) DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
Abstract
Keberhasilan dalam proses belajar mengajar di sekolah tergantung beberapa aspek yakni kurikulum, guru, siswa, metode, sarana dan prasarana. Aspek yang dominan dalam proses belajar mengajar adalah guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI bdp di smk negeri 1 kota jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk Pre-Test Post-Test Control Group Design, yang dilaksanakan pada kelas XI BDP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI BDP 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini Instrumen penelitian menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pretest dan posttes pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pretest 62,87 dan nilai rata-rata posttes 79,25. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 63,87 dan nilai rata-rata posttes 72,75. untuk membuktikan hipotesis penelitian ini melakukan uji t. hasil perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 3,06 yang kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel yaitu 1,998 sehingga diketahui thitung > ttabel yaitu 3,06>1,998 dengan df 62 dan α 0,05. Dengan demikian H0 dotolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar penataan produk anatara yang menggunakan model Problem based learning (pbl) dan yang menggunakan model konvensional pada siswa kelas XI BDP SMK Negeri 1 kota jambi. Sehingga disarankan bagi tenaga pendidik untuk menerapkan model problem based learning agar hasil belajar peserta didik meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SUSIANTY |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 07:17 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |