RAMADHAN, MUHAMMAD FITRAH and Hapsa, Hapsa and Beriansyah, Alva (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PASPOR MELALUI APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE (APAPO) DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TEMPAT PEMERIKASAAN IMIGRASI (TPI) JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL MUHAMMAD FITRAH RAMADHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi 1.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB IV PENUTUP.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
Abstract
ABSTRAK Diterapkannya pelayanan antrian paspor secara online melalui aplikasi APAPO diharapkan memberikan sebuah inovasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam peningkatan percepatan pelayanan publik yang ditunjang oleh teknologi informasi yang canggih sehingga aplikasi tersebut bisa berjalan efektif. Namun nyatanya masih ditemukan permasalahan yang terjadi dalam penggunaannya seperti kuota antrian yang selalu penuh dan terbatasnya kuota permohonan paspor yang mengakibatkan aplikasi sering mengalami eror serta sulitnya mengakses aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana efektivitas pelayanan pembuatan paspor melalui Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi dan apakah layanan antrian paspor melalui aplikasi APAPO tersebut berdampak pada kualitas layanan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas menurut Gibson yaitu produksi, efisiensi, kepuasan, adaptasi dan perkembangan. Kemudian untuk melihat dampaknya terhadap kualitas layanan menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml yaitu tangibel, reliability, responsiviness, assurance dan empathy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi APAPO sudah cukup efektif dan dampaknya terhadap kualitas pelayanan secara umum sudah cukup baik dan dijalankan dengan maksimal dengan kepastian layanan yang diberikan oleh pihak Imigrasi kepada para pemohon paspor. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, Aplikasi Paspor Online
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | RAMADHAN |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 03:31 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 03:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |