Permata Sari, Berliana (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENGKONSTRUKSI KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, pendidikan matematika.
![]() |
Text
Berliana Permata Sari A1C218040 .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan mengkonstruksi konsep matematis siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Kota Jambi pada Juli 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design menggunakan Posttes-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Kota Jambi pada tahun ajaran 2022/2023, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan mengkonstruksi konsep matematis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan uji ANOVA One Way diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Adapun hasil uji asumsi yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan nilai signifikansi ≥ 0.05 dan uji homogenitas sebesar 0.961. Dari penelitian ini dapat dikatakan H_0ditolak dan H_1 diterima yakni terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share dan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan mengkonstruksi konsep matematis siswa, yakni siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) memiliki kemampuan mengkonstruksi konsep matematis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Creative Problem Solving (CPS) dapat digunakan sebagai pilihan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan mengkonstruksi konsep matematis siswa, karena kemampuan mengkonstruksi konsep merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Search, Solve, Create and Share (SSCS), Creative Problem Solving (CPS) , Konstruksi Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |