FEBRIANTI, ARISAN (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA REKA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH SIROJUL WATHON BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan: (1) Penerapan media reka cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Arab di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Sirojul Wathon Batanghari, (2) Apa saja kelebihan dan kelemahan media reka cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Arab di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Sirojul Wathon Batanghari. Dalam penelitian ini pendekataan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media reka cerita bergambar dalam pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan sesuai langkah-langkah penerapan media reka cerita bergambar yaitu: (1) Guru membacakan kalimat yang disimak siswa dan siswa meniru pengucapan guru, (2) Guru menyajikan gambar yang terdapat dibuku, mengucapkan kosakata bahasa arab dengan menunjukkan gambar yang sesuai, (3) Guru mengajak siswa belajar me-reka mufrodat pada gambar yang diberikan kemudian dirangkai menjadi kalimat sederhana menggunakan isim isyarah. Adapun kelebihan dari media reka cerita bergambar yaitu: (1) mampu membangkitkan semangat dan rasa percaya diri siswa, (2) Membantu siswa memperbanyak kosa-kata bahasa Arab, (3) Dapat meningkatkan daya ingat siswa dengan merangsang penalarannya, (4) Materi yang disampaikan guru menjadi lebih menarik, (5) Siswa menjadi lebih fokus sehingga mampu membaca kalimat arab sesuai yang guru ajarkan, (6) Mampu menghidupkan suasana pembelajaran di kelas. Adapun kekurangan dari penerapan media reka cerita bergambar yaitu: (1) Membutuhkan lebih banyak tenaga pendidik dan waktu yang lebih lama, (2) Siswa hanya aktif ketika diperintahkan guru, (3) Memerlukan persiapan yang matang. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah lebih meningkatkan sarana dan prasaran untuk mendukung proses belajar. Serta hendak nya guru lebih mempersiapan perencanaan pembelajaran, serta terus mengembangkan metode pembelajaran agar sesuai dengan kondisi kelas, karakteristik siswa dan kemampuan siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media pembelajaran, Media Reka Cerita Bergambar, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Febrianti |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:46 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |