KETERAMPILAN MEMBACA SISWA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA KELAS PEMULA DI SDT X JAMBI

masriyah, imas (2022) KETERAMPILAN MEMBACA SISWA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA KELAS PEMULA DI SDT X JAMBI. S1 thesis, Psikologi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text
SURAT PENGESAHAN SKRIPSI 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text
SKRIPSI IMAS MASRIYAH (FINAL) fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LATAR BELAKANG Membaca salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa kelas pemula sekolah dasar. Dengan membaca menjadi salah satu penentu keberhasilan pembelajaran. Namun masih terdapat beberapa siswa yang mengalami keterlambatan membaca, seperti hafalan abjad tidak sempurna, membaca terbata-bata, dan belum memahami kalimat sederhana. Dengan masalah tersebut dapat menghambat proses kegiatan belajar di kelas, sehingga peneliti ingin melihat sejauh mana kemampuan membaca pada partisipan yang mengalami keterlambatan membaca. TUJUAN Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tahap perkembangan siswa yang mengalami keterlambatan membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan membaca pada siswa kelas pemula di SDT X Jambi. METODE Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan partisipan meliputi dua siswa kelas pemula dan tiga orang informan yaitu satu wali kelas, dan dua orang tua dari partisipan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. HASIL kemampuan membaca pada siswa kelas pemula yang mengalami keterlambatan membaca seperti; pengenalan huruf abjad tidak lengkap, membaca terbata-bata dan belum mampu memahami kalimat sederhana. sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu internal terdiri dari faktor pendukung, pemberian stimulus, dan keluarga, eksternal terdiri dari emosional, motivasi dan strategi. KESIMPULAN Keterampilan membaca pada kedua partisipan masih pada tahap Self Concept stage. Ditandai dengan belum mampu memahami kalimat sederhana seperti belum dapat memahami kalimat tanya, menyimpulkan kalimat bacaan. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Perkembangan Membaca, Keterlambatan Membaca, Siswa SD Kelas Pemula

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Perkembangan Membaca, Keterlambatan Membaca, Siswa SD Kelas Pemula
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Masriyah
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:35
Last Modified: 05 Dec 2022 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41394

Actions (login required)

View Item View Item