fidyawati, fitri (2022) GAMBARAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA KELOMPOK TK B2 USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AN-NAHL JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FITRI FIDYAWATI - G1C118066.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
LATAR BELAKANG: Kemampuan berpikir simbolik adalah cara individu mempresentasikan sesuatu yang diamati. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dimana pastinya anak akan menemukan sesuatu yang berhubungan dengan huruf dan angka. kemampuan berpikir simbolik sangat penting dimiliki dan dipelajari sejak usia dini, harapannya supaya bisa menjadi bekal bagi kehidupan dan pendidikan anak selanjutnya. TUJUAN: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Perkembangan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok TK B2 Usia 5-6 Tahun di TK IT An-Nahl Jambi. Tujuan khusus penelitian ini mengetahui Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok TK B2 Usia 5-6 yang ditinjau dari aspek Mengenal lambang bilangan, Penggunaan lambang bilangan, Menyebutkan Huruf, dan Mempresentasikan gambar dan tulisan. METODE: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa TK B2 sebanyak 12 orang dengan rentang usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan secara langsung di TK IT An-Nahl Jambi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif. HASIL: Kemampuan berpikir simbolik siswa kelompok TK B2 usia 5-6 tahun di TK An-Nahl cenderung berada pada kategori tinggi sebesar 59%. Pada empat aspek yang dinilai dalam kemampuan berpikir simbolik cenderung berada pada kategori tinggi dan sedang dengan masing masing aspek yaitu, mengenal lambang bilangan dengan persentase sebesar 93,7%, aspek penggunaan lambang bilangan dengan persentase sebesar 94,7%, aspek menyebutkan huruf dengan persentase sebesar 8,43% , dan aspek mempresentasikan gambar dan tulisan dengan persentase sebesar 8,54%. KESIMPULAN DAN SARAN: Perkembangan kemampuan berpikir siswa kelas B2 TK IT An-Nahl Jambi cenderung berada pada kategori sedang dan tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Kognitif, Berpikir Simbolik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Fidyawati |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:00 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |