ERWIN, SAPUTRA (2022) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMP. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA.
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
9. BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
TESIS ERWIN SAPUTRA (P2A920007).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Siswa yang menerapkan gaya belajar berbeda memiliki kemampuan koneksi matematis yang berbeda pula. Namun demikian, tidak berarti bahwa satu gaya belajar dapat dianggap lebih baik dari yang lain. Siswa dikatakan memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik jika memenuhi ketiga indikator dari kemampuan koneksi matematis, dan siswa juga harus memenuhi keempat indicator dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas IX dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dikelas IX B SMP IT Ash-Shiddiiqi dengan memberikan angket gaya belajar kepada 23 orang siswa yang menunjukkan bahwa gaya belajar visual sebanyak 60,9%, auditorial sebanyak 17,4%, dan kinestetik sebanyak 21,7%. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih subjek yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Subjek penelitian berjumlah 6 orang siswa yang masing-masing terdiri atas 2 orang siswa dari setiap jenis gaya belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, metode tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual 1 memenuhi semua indikator dari kemampuan koneksi matematis dan semua indicator kemampuan pemecahan masalah, dan subjek visual 2, subjek auditorial 1, dan subjek auditorial 2 hanya memenuhi dua indikator dari kemampuan koneksi matematis, sedangkan subjek kinestetik 1, dan subjek kinestetik 2 hanya memenuhi satu indikator dari kemampuan koneksi matematis.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah Matematika, dan Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Saputra |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:43 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |