Analisis Nilai Tambah Kelapa Dalam dan Pemasaran Kopra di Kecamatan Nipah Panjang kabupaten Tanjung Jabung Timur

Palupi, Kartika Retno and ALAMSYAH, ZULKIFLI and nainggolan, saidin Analisis Nilai Tambah Kelapa Dalam dan Pemasaran Kopra di Kecamatan Nipah Panjang kabupaten Tanjung Jabung Timur. Fakultas Pertanian.

[img] Text
jurnal 1.pdf

Download (432kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui besarnya nilai tambah yang dihasilkan dari kelapa setelah diolah menjadi kopra di Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 2) Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran kopra di Kecamatatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Oktober 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive dan penentuan sampel petani dilakukan dengan menggunakan teknik porpotional random sampling dan sampel pedagang menggunakan teknik snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tambah metode Hayami dan Analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah yang dihasilkan petani dari pengolahan kelapa menjadi kopra tergolong rendah yakni sebesar Rp. 1426,58/Kg dengan rasio nilai tambah 47,51 %. Terdapat dua saluran pemasaran di daerah penelitian. Saluran I (petani - pedagang pengumpul - pedagang besar - pabrik) dengan nilai efisiensi 0,94 sedangkan pada saluran II (petani - pedagang besar - pabrik) dengan nilai efisiensi 1,04. Saluran pemasaran yang lebih efisien terdapat pada saluran II karena saluran pemasarannya lebih pendek. Kata kunci : kopra, nilai tambah, saluran pemasaran, efisiensi

Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran
Depositing User: Kartika Retno Palupi
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:36
Last Modified: 18 Apr 2018 04:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item View Item