Heriyanto, Budi (2018) Analisis Kesalahan Siswa Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Analisis Kesalahan Siswa Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. pp. 1-11.
Text (Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan prosedur Newman. Subjek penelitian terdiri atas 5 siswa dari 23 siswa)
RRA1C211013.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 7 Maret 2019. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
RRA1C211013.pdf Download (417kB) |
Abstract
ABSTRAK Heriyanto, Budi. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S. (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: analisis, kesalahan siswa, siswa visual, soal cerita, sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan prosedur Newman. Subjek penelitian terdiri atas 5 siswa dari 23 siswa kelas VIII C SMP N 1 Muaro Jambi . Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek siswa yang mempunyai gaya belajar visual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, tes gaya belajar, lembar tes soal matematika, dan wawancara. Banyak persentase yang melakukan kesalahan yaitu membaca soal (reading errors) sebesar 60%, memahami masalah (comprehension errors): 80%, transfromasi (transformation errors) 50%,, keterampilan proses: ( process Skills errors) 80% dan kecerobohan (careless errors) 100%.. Penyebab dari masing-masing kesalahan tersebut meliputi“membaca soal” siswa tidak bisa memaknai simbo dengan baik; “memahami masalah” siswa tidak bisa menjelaskan bagian-bagian dari hal yang diketahui dengan benar; “transformasi” siswa tidak menguasai dengan baik rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal; “keterampilan proses” siswa kurang memahami prosedur operasi matematika dengan baik; dan “kecerobohan” siswa tidak teliti saat mengerjakan soal tapi bisa segera menyadari dan memperbaiki tanpa bimbingan peneliti, pembelajaran lebih dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar lebih mudah dipahami dan diingat, dan memperbanyak latihan soal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | BUDI HERIYANTO |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 07:15 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4156 |
Actions (login required)
View Item |