MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

WULANDARI, SEPTI (2022) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text (cover)
COVER pdf.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (395kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IX.10 SMP Negeri 1 Muara Bungo. Penelitian ini dilakukan di SMP yang berada di Kecamatan Pasar Muara Bungo. Data penelitian ini berupa wawancara yang dilakukan pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan beberapa siswa yang ada di kelas IX. 10. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian meliputi tiga hal pokok, yaitu sebagai berikut. (1) Gambaran umum tempat penelitian. (2) Gambaran umum Bahasa Indonesia di SMP yang diteliti. (3) Temuan penelitian yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Temuan-temuan yang diperoleh selama penelitian, yang merupakan jawaban dari rumusan masalah yang diajukan pada bab satu. Temuan-temuan pada penelitian ini mendeskripsikan tindak guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah mengalami perubahan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru harus memiliki kemampuan pedagogik sebelum menjalankan perannya di kelas. Guru harus mampu merancang perencanaan yang baik sebelum melakukan proses pembelajaran. Selain itu guru juga harus memiliki kemampuan menggunakan model pembelajaran selama proses pembelajaran. Pemilihan model yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SEPTI WULANDARI
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:44
Last Modified: 22 Dec 2022 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41613

Actions (login required)

View Item View Item