Pengembangan Media Komik Berbasis Project Based Learning Materi Kerajaan Maritim Hindu Budha di Indonesia Siswa kelas XI IPS 2 SMA N 11 Muaro Jambi

Adelsa, Suci (2022) Pengembangan Media Komik Berbasis Project Based Learning Materi Kerajaan Maritim Hindu Budha di Indonesia Siswa kelas XI IPS 2 SMA N 11 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Halaman PERSETUJUAN, DAN Halaman PENGESAHAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (582kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
Official URL: https://repository.unja ac.id/

Abstract

Modul adalah sebuah materi cetak yang isinya tentang ringkasan ringkasan materi yang dijelaskan dengan bahasa yang sederhana sehingga dengan mudah dipahami oleh peserta didik modul juga bisa disebut dengan salah satu perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran yang dibuat oleh pendidik dengan menyesuaikan materi. Kondisi di kelas XI IPS 2 SMA 11 Muaro Jambi untuk kemampuan pengetahuan sejarah yang masih terbatas. Kondisi tersebut didukung dengan fakta di lapangan yang masih rendahnya nilai peserta didik di kelas XI IPS 2 SMA 11 Muaro Jambi pada mata pelajaran sejarahPenelitian ini tentang “Pengembangan Media Komik Berbasis Project based learning Materi Kerajaan Maritim Hindu Budha di Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 11 Muaro Jambi”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan materi komik berbasis project based learning yang dikembangkan pada validasi pertama dengan kategori “cukup baik” dan pada validasi materi kedua dengan kategori “baik”. Pada validasi media pertama mendapatkan kategori “baik” dan pada validasi media kedua mendapatkan kategori “baik”. Dari penilaian guru terhadap media pembelajaran berbasis project based learning ini diperoleh kategori “baik”. Sedangkan untuk skor yang didapat dari angket respon, terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, dimana uji coba kelompok kecil mendapatkan presentasi 86,1 % denagn kategori “sangat baik”. Dari uji coba kelompok besar diperoleh presentasi 88,33% dengan kategori “sangat baik” Kata Kunci : Pengembangan, Media Komik

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: ADELSA
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:28
Last Modified: 12 Dec 2022 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41629

Actions (login required)

View Item View Item