ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI LIBERIKA DI KECAMATAN BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Dara Pratiwi, Dwi (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI LIBERIKA DI KECAMATAN BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTAK_merged.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB 1a_merged.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB Va_merged.pdf

Download (114kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DRAFT SIDANG DWI DARA PRATIWI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Dwi Dara Pratiwi Analisis Strategi Pemasaran Agroindustri Kopi Liberika di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dibimbing oleh Ibu Dr. Rozaina Ningsih, S.P.,M.Si dan Bapak Ir. Elwamendri, M.Si Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh agroindustri kopi liberika di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh usaha agroindustri kopi liberika di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat berdasarkan situasi lingkungan internal dan eksternal. (3) Untuk mengetahui cara agroindustri kopi liberika di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat menentukan pengambilan keputusan strategi terbaik dalam memasarkan produknya. Sampel ini berjumlah 5 responden agroindustri kopi liberika di Kecamatan Betara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat 8 faktor internal kekuatan dan 4 faktor kelemahan serta 4 faktor eksternal peluang dan 3 faktor eksternal ancaman, 2) Strategi yang digunakan yaitu, mempertahankan kualitas dan kekhasan serta variasi produk untuk menarik konsumen, memanfaatkan sertifikat produk yang telah dimiliki, serta lokasi yang strategis sebagai sentra produksi kopi liberika untuk memanfaatkan pangsa pasar, meningkatkan jasa penjualan kopi liberika dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, pemerintah, perusahaan, maupun institusi pendidikan, 3) Berdasarkan perhitungan matrik QSPM, maka terdapat tiga alternatif strategi yang akan dipilih berdasarkan nilai TAS tertinggi pertama yaitu strategi 6 sebesar 7,590, nilai TAS tertinggi kedua yaitu strategi 9 sebesar 7,504 dan nilai TAS tertinggi ketiga yaitu strategi 10 sebesar 7,202. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Agroindustri dan Kopi Liberika ABSTRACT Dwi Dara Pratiwi Analysis of Liberika Coffee Agroindustry Marketing Strategy in Betara District, West Tanjung Jabung Regency. Supervised by Mrs. Dr. Rozaina Ningsih, S.P.,M.Si and Mr. Ir. Elwamendri, M.Si. This study aims (1) to identify internal and external factors faced by the Liberika coffee agroindustry in Betara District, Regency Cape Jabung Barat. (2) To know the marketing strategy that can implemented by the Liberika coffee agro-industry business in Betara District, Regency Tanjung Jabung Barat based on internal and external environmental situation. (3) To find out how the liberika coffee agroindustry in Betara District, Regency West Tanjung Jabung determines the best strategic decision making in market their products. This sample amounted to 5 coffee agroindustry respondents liberika in Betara District. The results of the study show that 1) there are 8 internal factors of strength and 4 factors of weakness and 4 external factors of opportunities and 3 external factors of threats, 2) The strategy used is, maintain quality and distinctiveness as well as product variations to attract consumers, utilizing product certificates that are already owned, as well as locations that are strategically as a center for liberika coffee production to take advantage of market share, improve liberika coffee sales services by taking advantage of developments information technology, and maintaining good relations with customers, government, companies, as well as educational institutions, 3) Based on matrix calculations QSPM, then there are three alternative strategies that will be selected based on value The first highest TAS is strategy 6 of 7.590, the second highest TAS value namely strategy 9 of 7.504 and the third highest TAS value, namely strategy 10 of 7.202. Keywords: Marketing Strategy, Agroindustry and Liberika Coffee

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Agroindustri dan Kopi Liberika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: PRATIWI
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:32
Last Modified: 09 Jul 2024 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41709

Actions (login required)

View Item View Item