ANALISIS PENGARUH PUTARAN BALIK (U-TURN ) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Sumantri Brojonegoro Kota Jambi)

Simarmata, Wilson Romulus (2022) ANALISIS PENGARUH PUTARAN BALIK (U-TURN ) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Sumantri Brojonegoro Kota Jambi). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (934kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (867kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Untuk mengakomodir kendaraan merubah arah perjalanan atau diistilahkan sebagai gerakan U-Turn, pada ruas jalan dibuat suatu fasilitas putar balik arah atau U-Turn. Sepanjang Jalan Sumantri Brojonegoro Kota Jambi dari Simpang Telkom sampai Simpang Pulai, memiliki fasilitas putar balik arah atau U-Turn yang menimbulkan konflik. Konflik tersebut terjadi dikarenakan kendaraan tidak dapat langsung berputar karena radius putaran tidak cukup sehingga membutuhkan lebih banyak waktu pada saat melakukan gerak putar balik arah. Dari analisis dan perhitungan, fasilitas putar balik arah atau U-Turn pada ruas Jalan Sumantri Brojonegoro khususnya di depan SPBU Sumantri. Rata-rata kendaraan untuk melakukan gerakan putaran balik atau U-Turn didapatkan sebesar 20,50 sekon, dengan rasio antrian (p) sebesar 1,88 yang berarti terjadi antrian kendaraan. Kinerja arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut yang ditinjau dari nilai derajat kejenuhan dan kategori tingkat pelayanannya, pada ruas jalan dari arah Simpang Telkom menuju Simpang Pulai nilai derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,55 dengan kategori tingkat pelayanan kelas C, yang berarti ruas tersebut dalam zona arus stabil dan pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan dan volume lalu lintas tertinggi sebesar 745.61 SMP/15 Menit. Sedangkan, pada ruas jalan dari arah Simpang Pulai menuju Simpang Telkom nilai derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,44 dengan kategori tingkat pelayanan kelas B, yang berarti ruas tersebut dalam zona arus stabil dan pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan dan Volume lalu lintas tertinggi sebesar 590.31 SMP/15 Menit.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: U-Turn, Antrian Kendaraan, Tingkat Pelayanan jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: SIMARMATA
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:56
Last Modified: 12 Dec 2022 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41741

Actions (login required)

View Item View Item