Haviez, Ryan Rafiky (2022) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 13/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas IV dalam perencanaan pembelajaran di SDN 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas IV Sekolah dasar meliputi guru sebagai: guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, Faktor pendukung dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas IV SDN 13/I Muara Bulian, diantaranya faktor akademik (memberikan arahan dan bimbingan), lingkungan (lingkungan positif), infastruktur (perpustakaan, internet ,sumbangan buku yang di berikan siswa kelas 6 yang sudah tamat dari sekolah,dan alat bantu pembelajaran), dan bahan ajar (buku cerita, dongen, pelajaran, majalah dll). Adapun faktor penghambatnya adalah Faktor akademik (berbedanya watak siswa satu sama lain), lingkungan (setiap siswa tidak semua berada di lingkungan yang positif), infastruktur (tidak semua infastruktur bisa di gunakan dengan maksimal misalnya internet, sumbangan buku yang di berikan siswa kelas 6 yang sudah tamat masih bnyak buku pembelajaran dan kurang terhadap buku bergambar yang masih sedikit, sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca dan bahan ajar (minimnya buku yang mempunyai daya tarik siswa untuk membaca seperti: buku pembelajaran ,buku cerita, majalah dll)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru,Kemampuan Literasi,Sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HAVIEZ |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 07:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |