JULIYANI, ENI (2022) IMPLEMENTASI MEDIA VIRTUAL YOUR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IIS 1 MAN 2 KOTA JAMBI. Eni juliyani (41678). pp. 1-131.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan dan halaman persetujuan Eni juliyani.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
eni juliyani 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (195kB) |
Abstract
ABSTRAK Juliyani, Eni. 2022. Implementasi Media Virtual Tour Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IIS 1 MAN 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahua Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo.,M.Hum.,M.Pd,(II) Isrina Siregar, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Virtual Tour, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis. Rendahnya berpikir kritis siswa disebabkan karena adanya beberapa masalah yang perlunya diperbaiki. Rendahnya berpikir kritis siswa disebabkan oleh adanya guru masih berfokus pada satu arah dimana guru lebih aktif dalam kegiatan belajar dibandingkan peserta didiknya sehingga hal itu menyebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran berlangsung media pembelajaran yang digunakan guru adalah buku cetak dan selama kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan bantuan media pembelajaran berupa power point. Sehingga media pembelajaran yang digunakan belum mampu membantu peserta didik dalam memahami materi sehingga menyebabkan siswa kurang mengerti dalam proses berlangsungnya pembelajaran. Dan ketika pembelajaran selesai peserta didik diminta untuk mengemukakan argumennya sendiri bagimana tentang matei tersebut peserta didik bahkan kurang mengerti apa yang dijelaskan oleh gurunya lalu ketika diberikan sesi tanya jawab siswa hanya beberpa yang ingin menjawab bahkan ada yang tidak memperhatikan gurunya sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir krtis siswa dengan menggunakan media virtual tour berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah indonesia siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian ini dilakukan di sekolah MAN 2 Kota Jambi. Yang menjadi subjek ini adalah siswa X IIS 1 sebanyak 36 siswa teknik analisis mengunankan analisis deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Belajar siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Kota Jambi yang menggunakan media virtual tour berbasis pendekatan saintifik nilai kognitif/pengetahuan pada siklus I persentasenya 38,88% dengan kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan signifikan yang persentasenya 77,77% dengan kategori sangat baik, pada siklus III juga mengalami peningkatan yang persentasenya 86,11% dengan kategori sangat baik. Pada lembar pengamatan berpikir kritis siswa pada siklus I mendapat nilai kategori (cukup baik), pada siklus II mengalami peningkatan signifikan dengan mendapat nilai kategori (baik dan sangat baik), pada siklus III juga mengalami peningkatan pada semua kelompok mendapatkan kategori (sangat baik). Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yang telah didapatkan oleh peneliti selama mengajar di kelas yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil diatas media virtual tour berbasis pendekatan saintifik berhasil meningkatkan berpikir kritis siswa.
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Tour, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | JULIYANI |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |