PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LAB DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA KONSEP DIFRAKSI CAHAYA OLEH KISI

Malinda, Sari and Hidayat, M and Syarkowi, Ahmad PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LAB DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA KONSEP DIFRAKSI CAHAYA OLEH KISI. repository unja. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran bounded inquiry lab di kelas XI pada konsep difraksi cahaya oleh kisi dan apa saja kendala dalam menggunakan model pembelajaran bounded inquiry lab di kelas XI pada konsep difraksi cahaya oleh kisi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 34 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Tahapan model Miles and Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan Conclosions/Verification. Penerapan model pembelajaran bounded inquiry lab dilakukan sesuai dengan tahap-tahapannya dimulai dari observation, manipulation, generalization, verification dan application. Kendala yang ditemukan dalam penerapan model pembelajaran bounded inquiry lab diantaranya pada tahapan observasi, siswa kesulitan menjawab pertanyaan dari guru mengenai komponen apa saja yang berpengaruh dalam difraksi cahaya oleh kisi. Pada tahapan manipulasi, Siswa kesulitan menjawab pertanyaan variabel. Pada tahapan generalisasi, Siswa kesulitan dalam menentukan alat dan bahan untuk eksperimen, Setelah itu siswa kesulitan menentukan desain eksperimen. Pada eksperimen siswa juga kesulitan membuat grafik, selain itu siswa juga kesulitan memegang laser dengan konsisten dalam melakukan eksperimen. Sehingga ini akan berdampak pada jarak garis terang ke-n ke pusat terang (y) dan pada tahapan aplikasi Siswa kesulitan dalam merumuskan konsep secara sistematis. Kata Kunci: bounded inquiry lab, difraksi cahaya oleh kisi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SARI MALINDA
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:57
Last Modified: 23 Apr 2018 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item