PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LABORATORIUM DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA KONSEP DASAR GELOMBANG

Ayu Ningrum, Phuty and hidayat, m. and Syarkowi, Ahmad PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LABORATORIUM DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA KONSEP DASAR GELOMBANG. repository unja. (Submitted)

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LABORATORIUM DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Bounded inquiry laboratoriumorarorium di kelas XI MIA 1 pada konsep dasar gelombang, kendala yang di hadapi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran Bounded inquiry laboratoriumoratorium di kelas XI pada konsep dasar gelombang dan bagaimana tanggapan siswa kelas XI Setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Bounded inquiry laboratorium pada konsep dasar gelombang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk menganalisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Bounded inquiry laboratoriumoratorium yang terdiri dari 5 lima tahapan yaitu observation, manipulation, generalization, verification, application kesulitan banyak dialami oleh siswa pada tahap generalisasi. Dalam penerapan model pembelajaran Bounded inquiry laboratorium terdapat beberapa kendala yakni siswa kesulitan menjawab dan membedakan variabel bebas dan variabel terikat. Siswa juga kesulitan dalam menentukan alat dan bahan yang digunakan, merancang dan menentukan variabel apa yang dicari dalam praktikum tersebut. Pada bagian akhir pembelajaran siswa kesulitan menjawab pertanyaan analisis yang mana berfungsi untuk menemukan konsep pembelajaran. Namun dengan demikian tanggapan siswa mengenai penerapan model pembelajaran bounded inqury laboratorium mendapatkan hal yang positf, siswa senang dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa sangat bersemangat karena proses pembelajaran tidak monoton dan diselingi dengan eksperimen. Siswa berharap model pembelajaran Bounded inquiry laboratoriumoratorium dapat terapkan guru untuk materi lainnya.Dari penelitian ini disarankan guru menerapkan model pembelajaran bounded inqury laboratorium sesuai dengan anjuran dari Permendikbud no 26 tahun 2016 bagi sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Kata Kunci : Bounded inquiry, Gelombang

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PHUTY AYU NINGRUM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:22
Last Modified: 23 Apr 2018 07:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4188

Actions (login required)

View Item View Item