Nurmila, Sintia (2022) Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Layanan Bimbingan Kelompok di Sma Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
Judul Skripsi Nama NIM Pembimbing I Pembimbing II ABSTRAK :UpayaMeningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 4 Kota Jambi. : SINTIA NURMILA : A1E118098 : Drs. Rasimin, M.Pd : Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap segala sesuatu yang membuatnya merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Seseorang yang berada pada tingkat kepercayaan diri yang tinggi, mampu memiliki pikiran positif dalam dirinya untuk dapat mengatur semua kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan belajarnya. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok di kelas X IPS 2 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Layanan (PTL). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa kelas X IPS 2 Tahun Ajaran 2021/2022 SMA Negeri 4 Kota Jambi dalam kategori kurang memiliki kepercayaan diri berdasarkan kriteria tertentu. Batasan masalah kepercayaan diri dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat dengan beberapa indikator yaitu, berpendapat dan melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu, mampu membuat keputusan dengan cepat, tidak mudah putus asa, tidak canggung dalam bertindak, berani presentasi di depan kelas, berani berpendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan. Adapun tahap bimbingan kelompok dalam penelitian ini meliputi:1)Tahap pembentukan, 2)Tahap peralihan, 3)Tahap kegiatan, 4)Tahap pengakhiran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yang terdiri dari empat kompetensi pada setiap seiklusnya yaitu; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru bimbingan konseling. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil aktivitas siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I memperoleh presentase sebesar 37.5% dalam kategori “kurang baik” pada siklus II memperoleh presentase sebesar 62.5% dalam kategori “baik” dan pada siklus III memperoleh presentase sebesar 75% dalam kategori “baik” hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa teruatama kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pendapat. Kata Kunci : Teknik sosiodrama, Kepercayaan diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | NURMILA |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 06:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |