Hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI di sma negeri 11 kota jambi.

lia, Amalia (2022) Hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI di sma negeri 11 kota jambi. S1 thesis, bimbingan dan konseling.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA.pdf

Download (913kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (249kB)
[img] Text
PENGESARAN LULUS UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (862kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Judul skripsi Nama NIM Pembimbing I Pembimbing II : Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 11 Kota Jambi. : Amalia : A1E118018 : Drs. Rasimin, M.Pd : Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Motivasi belajar adalah dorongan yang terjadi di dalam dan di luar diri seseorang. Motivasi belajar berguna untuk memberikan perubahan tingkah laku terhadap tingkah laku individu. Seseorang individu akan belajar dengan baik apabila didalam dirinya memiliki motivasi. Sedangkan kemandirian belajar adalah suatu perilaku yang mana aktivitas belajar diarahkan ke diri sendiri. Individu yang memiliki sikap mandiri seperti dapat memcahkan masalah, bertanggung jawab, memiliki inisiatif, serta percaya diri. semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi juga kemandirian belajar peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar dan seberapa besar tingkat kemandirian belajar siswa serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi atau sering disebut penelitian asosiatif. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Adapun untuk penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 74 orang siswa kelas XI tahun ajaran 2021/2022 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk memperoleh data tentang motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki persentase sebesar 63,44% sedangkan kemandirian belajar 66,29%. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis menunjukkan analisis korelasi Product Moment kedua variabel tersebut adalah r = 0.635. sig. 0.000 < 0.05 Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI Di SMA Negeri 11 Kota Jambi, dilihat dari kriteria penafsiran korelasi 0.635 termasuk ke dalam korelasi 0.41-0.70 yang artinya korelasi sedang :hubungan memadai. Adapun simpulan dari penelitian ini yaitu pada variabel X secara keseluruhan dengan indikator perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan pada siswa tergolong tinggi, untuk variabel Y secara keseluruhan pada indikator memiliki insiatif, percaya diri, mampu mengambil keputusan dan bertanggung jawab tergolong tinggi. Sedangkan, untuk analisis korelasi yang peneliti lakukan terhadap kedua variabel bahwa terdapat hubungan yang memadai antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Kata kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AMALIA
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:39
Last Modified: 12 Dec 2022 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41884

Actions (login required)

View Item View Item