TWENTYONA ANJELYTA, HENNI (2022) RESILIENSI AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI SETELAH MENGHADAPI SITUASI PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI HENNI TWENTYONA ANJELYTA A1E118049.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Situasi yang dihadapi baru-baru ini pada masyarakat membuat banyaknya perubahan yang menimbulkan tantangan-tantangan baru dalam hidup. Hal yang sama juga telah dirasakan oleh siswa dibidang akademik. Tantangan ini merujuk pada tekanan yang dialami siswa dalam proses belajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat resiliensi akademik siswa dalam menghadapi situasi pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 25 Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 siswa diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh indikator “keteramplan sosial” masuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase (65,19%). Pada indikator “empati” masuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase (65,40%), pada indikator “penyelesaian masalah” masuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase (63,15%). Kemudian pada indikator “efikasi diri” masuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase (73,56&), pada indikator “kesadaran diri” masuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase (71,81%) dan pada indikator “tujuan cita-cita” masuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase (81,52%) dengan kategori “tinggi”. Secara keseluruhan resiliensi akademik siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase (69,46%), yang artinya bahwa siswa memiliki kapasitas kemampuan yang tinggi dalam menghadapi suatu tekanan dalam bidang akademik. Kata kunci: Resiliensi akademik, Fenomena, Indikator
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resiliensi akademik, Fenomena, Indikator |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | ANJELYTA |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 02:28 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |