Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi

Chotimah, Chuznul Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. Edu fisika.

[img] Text
COVER CHUZNUL.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ARTIKEL NUNUNG.pdf

Download (641kB)

Abstract

ABSTRAK Chuznul Chotimah. 2018. Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi :Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd (II) Dian Pertiwi Rasmi, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing, SMP Pembelajaran hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan untuk membelajarkan siswanya dan mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya. Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah. Secara umum IPA meliputi tiga bidang ilmu dasar yaitu biologi, kimia, dan fisika. Fisika merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa aspek kognitif dengan menerapkan LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan PhET Interactive Simulations lebih baik dibandingkan dengan LKS konvensional yang digunakan sekolah pada pokok bahasan listrik statis dan listrik dinamis. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan rancangan Quasy Experimental dan desain the non-equivalent control grup design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IX SMPN 22 Kota Jambi yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas IXC sebagai kelas eksperimen dan kelas IXD sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen di ajarkan dengan menggunakan LKS inkuiri terbimbing dan kelas kontrol diajarkan dengan LKS konvensional sekolah. Instrumen dipakai berupa soal objektif yang telah diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 32,62 dan kelas kontrol sebesar 31,18. diperoleh hasil penelitian bahwa nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel dengan signifikansi 0,05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat thitung sebesar 1,71. sedangkan ttabel sebesar 1,67. karena thitung yang didapat 1,71 ≥ 1,67 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar aspek kognitif siswa dengan menggunakan media pembelajaran LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan PhET Interactive Simulations lebih baik dibandingkan dengan LKS konvensional sekolah.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: CHUZNUL CHOTIMAH
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:11
Last Modified: 23 Apr 2018 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4191

Actions (login required)

View Item View Item