YANTI, ZARPINA (2022) PERBEDAAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN DALAM MEMILIH JENIS SEKOLAH LANJUTAN DI SEKOLAH SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB I PINA-1.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB V PINA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
ZARPINA YANTI A1E118034 SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (203kB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 11 Kota Jambi bahwa terdapat beberapa gejala-gejala diantaranya masih banyaknya siswa yang masih bingung dengan sekolah lanjutan yang akan mereka pilih setelah tamat pada SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan kepercayaan diri siswa laki-laki dengan siswa perempuan dalam memilih jenis sekolah lanjutan di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini dibatasi pada kepercayaan diri siswa laki-laki dan perempuan, sekolah lanjutan SMA dan SMK. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 orang siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket skala likert, dalam skala likert ini terdapat 5 opsi jawaban yaitu, Selalu (SL), Sering (SR), Kadang- Kadang (KD), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Dari hasil analisis data tersebut tingkat kepercayaan diri siswa laki-laki dengan persentase sebesar 82,25% dengan tingkatan “Sangat Tinggi”, Sedangkan, tingkat kepercayaan diri siswa perempuan, dengan persentase sebesar 87,47% dengan tingkatan “Sangat Tinggi”. Tingkat pilihan jenis sekolah lanjutan siswa laki-laki dengan persentase sebesar 33,9% dengan tingkatan “Sangat Rendah” memilih jenis sekolah lanjutan SMA sebesar 66,1% “Sedang” siswa laki-laki memilih jenis sekolah lanjutan SMK. Sedangkan, sebesar 36,8% tingkatan “Sangat Rendah” siswa perempuan memilih sekolah lanjutan SMA. Sisanya dengan persentase 63,2% tingkatan “Sedang” siswa perempuan memilih sekolah lanjutan SMK. Selanjutnya di temukan perbedaan kepercayaan diri yang berarti, dari hasil penghitungan t-test ditemukan hasil 22,74 sedangkan t-tabel pada derajat kebebasan 137 (139-2) pada tingkat kepercayaan 0,05 maupun 0,1 adalah sebesar 1,977 dan 1,656, maka berarti t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga hipotesis yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak kesimpulannya kepercayaan diri siswa laki-laki dengan siswa perempuan dalam memilih jenis sekolah lanjutan terdapat perbedaan yang signifikan di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Jenis Sekolah Lanjutan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Jenis Sekolah Lanjutan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yanti |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 02:27 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 02:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |