ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM-BASA KELAS XI SMA

albanjari, mardhyati and M.Si, Dr. harizon and M.Si, Dr. yusnelti ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM-BASA KELAS XI SMA. Chemical Education. pp. 1-9.

[img] Text (analisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif numbered heads together dengan metode eksperimen dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis kelas XI SMA)
artikel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa seperti berpikir kritis siswa adalah siswa kurang bisa mengaitkan informasi dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan. Penggunaan model Numbered Heads Together dengan metode eksperimen adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dengan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimiliki dengan apa yang dilihat selama percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi Asam-Basa. Jenis penelitian ini adalah mix method. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman yang diperoleh dari keterlaksanaan model oleh guru, dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan korelasi Product Moment dilanjutkan dengan uji-t. Hasil analisis data diketahui korelasi antara keterlaksanaan model dengan keterampilan berpikir kritis adalah 0,42, kemudian dilanjutkan dengan uji-t. Dari uji-t diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 2,96>1,6828 dengan dk 41. Karena thitung>ttabel, maka diterimanya hipotesis, yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model Numbered Heads Together dengan metode eksperimen sudah terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan tiap pertemuannya ditinjau dari aktivitas guru dan siswa serta berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MARDHYATI ALBANJARI
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:07
Last Modified: 25 Apr 2018 01:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item