Saputra, Muhamad Kepin (2022) Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
cover.pdf Download (134kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan, Halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1 .pdf Download (380kB) |
|
Text
bab 5 .pdf Download (127kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Kevin.pdf Download (246kB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal, sikap sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi yang kurang baik menjadi inspirasi penelitian ini. Tercatat 589 kasus sikap sosial yang buruk di kalangan siswa di SMP Negeri 10 Kota Jambi selama tahun ajaran 2020/2021, menurut data kasus tersebut. Dalam penelitian ini, siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi akan dinilai sikap sosial dan intensitas komunikasi orang tua dengan anak. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang meliputi regresi linier sederhana untuk analisis data dan jenisnya ex-post facto. Sumber informasi adalah responden sebanyak 130 orang, dipilih secara acak. Siswa kelas VIII yang menjadi sampel atau responden diberikan angket sebagai bagian dari teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap sosial seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong-royong, santun, dan percaya diri (Y) secara parsial dipengaruhi oleh intensitas komunikasi orang tua dengan anak (X) pada sig 0,011 < 0,05. yang menunjukkan bahwa kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong-royong, santun, dan percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas (intensitas komunikasi orang tua dengan anak). Pengaruh model memprediksi sebesar 5% dalam kategori sangat rendah. dengan porsi sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak di jelaskan di ruang lingkup penelitian ini. Menurut temuan penelitian, intensitas komunikasi antara orang tua dan anak memiliki dampak besar pada bagaimana siswa bersikap secara kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong-royong, santun, dan percaya diri. Untuk membantu anak mengembangkan sikap yang sejalan dengan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, orang tua dan anak perlu sering melakukan komunikasi satu sama lain. Untuk mencegah masalah di masa depan terkait dengan sikap sosial anak yang buruk di sekolah, di rumah, dan di masyarakat, perlu juga memberikan pengarahan kepada orang tua yang bekerja di luar rumah tentang nilai mengembangkan komunikasi yang erat dengan anak- anak mereka agar dampak buruk seperti rendahnya sikap sosial anak di sekolah dapat diatasi. v
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | saputra |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 03:41 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41984 |
Actions (login required)
View Item |