MELLINIA, CLAUDYA (2022) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1 BERBASIS STEM MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI NERACA OHAUS DAN NERACA PEGAS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_A1C318046.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
A1C318046_CLAUDYA MELLINIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahan ajar yang digunakan belum memenuhu kebutuhan mahasiswa. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan mutu Pendidikan dapat dilakukan melalui pengadaan materi ajar berupa penuntun praktikum berbasis STEM. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis STEM menggunakan model discovery learning materi neraca ohaus dan neraca pegas. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui hasil pengembangan dari penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis STEM menggunakan model discovery learning materi neraca ohaus dan neraca pegas serta mengetahui persepsi asisten laboratorium dan persepsi mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangakan. Penelitian ini menggunakan jenis Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, dan Development. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif deskriptif serta instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan angket persepsi. Penuntun praktikum divalidasi dengan beberapa revisi sehingga diperoleh validasi materi dengan skor rata- rata 3,5 dan 3,62 dari kedua validator dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil akhir validasi media diperoleh rata-rata 3,47 dan 3,2 dari kedua validator juga dalam kategori sangat baik. Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil pada asisten laboratorium serta penyebaran angket persepsi mahasiswa ke kelas regular A Angkatan 2021 pendidikan fisika di Universitas Jambi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasilnya mendapat skor 83% dalam kategori sangat setuju dari persepsi asisten laboratorium dan 79% dalam kategori sangat setuju dari persepsi mahasiswa sehingga dapat diuji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis STEM menggunakan model discovery learning materi neraca ohaus dan neraca pegas yang telah dikembangkan sangat setuju untuk di uji coba pada kelompok kecil. Namun untuk mengetahui efektivitas produk masih perlu dilakukan tindak lanjut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penuntun praktikum, fisika dasar I, discovery learning, neraca ohaus,neraca pegas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mellinia |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:45 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |