ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS IX DI SMP N 7 MUARO JAMBI

WAHMIDI, PENDI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS IX DI SMP N 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNUVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
Official URL: https://repositorory.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Wahmidi, Pendi. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Self Regulated Learning: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si., (II) Drs. Wardi Syafmen, M.Si., Kata kunci: berpikir kreatif, pemecahan masalah, self regulated learning. Berpikir kreatif berkaitan dengan pemecahan masalah matematika dan juga sangat berkaitan dengan self regulated learning. Dalam proses berpikir kreatif, siswa memberikan cara berpikir yang beragam, fleksibel, orisinil dan elaborasi dalam memahami masalah, merencanakan pemecahannya, menyelesaikan masalah sesuai rencana, serta memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian. Hal tersebut membiasakan siswa untuk memiliki self regulated learning yang baik, karena self regulated learning membuat siswa memiliki sikap tanggung jawab dalam mengatur dan mendiagnosa kebutuhan belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi segi empat dan segitiga dengan menggunakan self regulated learning. Subjek penelitian diambil dari kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi, dengan dua krikteria siswa sebagai subjek penelitian berdasarkan pengelompokkan jawaban siswa yaitu kelompok dengan hasil jawaban yang lengkap dan memiliki variasi jawaban dan kelompok dengan jawaban yang lengkap tetapi hanya menggunakan satu cara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan instrumen dalam penelitian ini adalah tes soal berpikir kreatif dalam pemecahan masalah segi empat dan segitiga, angket self regulated learning, dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan metode triangulasi dengan membandingkan hasil tes, angket dan data wawancara. Ada tiga langkah untuk menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa 17 siswa dengan indikator kefasihan, fleksibelitas, kebaruan dan elaborasi serta 9 siswa dengan indikator kefasihan dan elaborasi dalam memecahkan masalah dan terdapat self regulated learning siswa kelas IX di SMP N 7 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, pemecahan masalah, self regulated learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: wahmidi
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:00
Last Modified: 13 Dec 2022 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41993

Actions (login required)

View Item View Item