Priambogo, Olan and jufrida, Jufrida and Nehru, Nehru Pengembangan Lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk pembelajaran fisika. Pengembangan Lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk pembelajaran fisika. (Submitted)
Text
Abstrak repository.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
Abstract
Abstrak Permasalahan yang ada disekolah adalah siswa sulit memahami materi fisika, terutama materi yang bersifat abstrak sehingga butuh alat bantu untuk mendeskripsikan lebih jauh tentang karakteristik gas. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendesain LKS untuk pembelajaran fisika yang menggunakan PhET simulations pada materi teori kinetik gas. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir LKS dan mengetahui persepsi siswa terhadap LKS berbasis problem based learning yang telah dikembangkan. Salah satu pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa untuk belajar secara mandiri adalah model problem based learning. Menurut Fathurrohman (2013), “Model problem based learning adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah”. Kelayakan LKS ini dapat dilihat dengan melakukan validasi ahli baik validasi media maupun materi dan setelah itu diujicobakan kepada siswa kelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi. Validasi ahli media dan ,ateri dilakukan oleh 2 (dua) orang dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Pada aspek materi pembelajaran memiliki skor yang paling rendah yaitu 17,4 namun masih dalam kategori baik. Hal ini disebabkan oleh penyajian dalam penyampaian materi yang masih kurang baik sehingga siswa mengalami kesulitan memahami LKS. Skor yang paling tinggi diperoleh pada aspek keterbacaan LKS yaitu sebesar 21,25.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | OLAN PRIAMBOGO |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 06:41 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4201 |
Actions (login required)
View Item |