Br Sitorus, Dame Ria (2022) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Cover (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
Halaman persetujuan & pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (321kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (427kB) |
Abstract
ABSTRAK Dame Ria Br Sitorus. Pengembangan media aplikasi lectora inspire untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa Kelas VIII A SMP Negeri 19 Kota Jambi : Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irwan, M.Pd, Pembimbing (II) Dona Sariani S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Media , Aplikasi Lectora Inspire, Hasil belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah dalam pembuatan media aplikasi Lectora Inspire untuk digunakan pada mata pelajaran PKn di SMPN 19 Kota Jambi, untuk menilai apakah media tersebut akan berguna di dalam kelas, dan untuk menilai apakah siswa di kelas-kelas itu akan belajar lebih banyak sebagai hasilnya. Kelas Kewarganegaraan menggunakan aplikasi Lectora Inspire di iPad. Dari tanggal 24 Mei 2022 sampai dengan 24 Juli 2022, penelitian ini dilaksanakan di SMP N 19 Kota Jambi. Informasi dikumpulkan dari 30 siswa kelas delapan dan guru mereka melalui wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen (sebagai informan pendukung). Metode untuk mempelajari pengembangan yang mengikuti lima tahap model ADDIE, yaitu: :Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan Kelayakan media berbasisllectora inspire yang dikembangkanldinilai olehltim ahli yaitu ahli media, ahli materi danlahli bahasa. Setelah dievaluasi oleh validator ahli media diperoleh skor akhir 90% pada kategori “Sangat Layak”, skor akhir 75% diperoleh pada kategori “Layak”, dan skor akhir diperoleh 92% pada kategori kategori "Sangat Layak" oleh validator ahli bahasa. Selain itu, produk tersebut dievaluasi oleh guru mata pelajaran PKn dan mendapat nilai 95% dengan kategori “Sangat Praktis” sebelum diujicobakan pada siswa. Selanjutnya pada uji coba kelompok kecil dengan 10 siswa, 92% tanggapan masuk dalam kategori “Sangat Praktis” pada angket tanggapan siswa untuk media aplikasi Lectora Inspire, sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan 30 siswa, 93% tanggapan turun. ke dalam kategori yang sama. Praktis Tujuan penelitian terpenuhi ketika siswa kelas VIII A SMPN 19 Kota Jambi belajar tentang memperkuat komitmen nasional dengan menggunakan media dari aplikasi Lectora Inspire.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | SITORUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42021 |
Actions (login required)
View Item |