Saragih, Desri (2022) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KARET SUKU ANAK DALAM (SAD) DI KECAMATAN AIR HITAM. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI DESRI MINISCERE SARAGIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Berkebun karet merupakan salah satu kebiasaan relative baru yang mulai diterapkan oleh sebagian warga SAD sejak ±15 tahun yang lalu dan telah dianggap sebagai salah satu sumber pendapatan di samping berburu, mengumpul dan meramu hasil hutan. Akan tetapi hasil produksi tidak didukung dengan harga jual dan sistem pemasaran yang melibatkan banyak lembaga pemasaran. oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk 1. Untuk mengetahui gambaran saluran pemasaran karet SAD di Kecamatan Air Hitam; 2) Untuk menganalisis pemasaran karet di Kecamatan Air Hitam. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung melalui wawancara, observasi serta dokumentasi dan data sekunder yang diperoleh dari instansi pemerintahan Badan Pusat Statistik, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jambi dan Kabupaten Sarolangun, Laporan Tahunan TNBD, dan instansi yang terkait. Untuk menggambarkan kegiatan pemasaran karet SAD di Kecamatan Air Hitam menggunakan pendekatan Deskriptif, sedangkan untuk menganalisis efisiensi pemasaran karet SAD di kecamatan Air Hitam menggunakan pendekatan Kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa, terdapat 2 saluran pemasaran dan saluran I merupakan saluran yang paling efisien. Sebaiknya SAD menggunakan saluran pemasaran I yang mampu memberikan bagian harga yang lebih besar dan efisien secara teknis dan ekonomis. Dibutuhkan peran pemerintah setempat untuk membekali SAD seperti sosialisasi dan mengadakan penyuluhan pertanian yang mampu memberikan pengetahuan agar lebih mengetahui informasi pasar dan mampu memilih saluran pemasaran yang lebih baik dan menguntungkan. Kata Kunci : Pemasaran Karet SAD, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Indeks Efisiensi Teknis dan Indeks Efisiensi Ekonomis
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KARET SUKU ANAK DALAM (SAD) DI KECAMATAN AIR HITAM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | SARAGIH |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 02:18 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |