PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING

wulandari, mahdalena (2022) PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
halaman sampul skripsi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR ISI & DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif persepsi siswa SMP terhadap pembelajaran bahasa Indonesia secara daring, serta menelisik kendala-kendala pada proses pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah Muaro Jambi. Data penelitian ini diperololeh berdasarkan dengan instrument wawancara. Hasil wawancara selanjutnya dianalisis dengan terlebih dahulu melakukan pengkodean dan mengklasifikasikannya berdasarkan tema-tema yang menjadi focus dalam penelitian ni, yakni persepsi siswa dan kendala-kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring. Hasil penelitian memperlihatkan meskipun dapat ditemukan adanya persepsi positif, sebagian besar siswa mempersepsi negatif terhadap pembelajaran daring yang dilakukannya. Persepsi negatif ini dapat terjadi pada siswa yang banyak mengalami kendala dalam proses pembelajaran dan kurang aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dari hasil wawancara juga terungkap bahwa faktor ekonomi juga menjadi penghambat siswa dalam kegiatan pembelajaran daring. Selain itu kendala eksternal yang secara spesifik berkaitan dengan lemahnya sinyal/koneksi internet, kepemilikan gawai yang terbatas dan terbatasnya kuota untuk dapat mengakses internet juga dapat ditemukan menjadi kendala dalam pembelajaran daring.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, Pasca Pandemi Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: WULANDARI
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42081

Actions (login required)

View Item View Item