PENGARUH POLA PERLAKUAN OVER PROTECTIVE ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA N 9 KOTA JAMBI

tampubolon, camelia (2022) PENGARUH POLA PERLAKUAN OVER PROTECTIVE ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA N 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, BIMBINGAN DAN KONSELING.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
skripsi FULL.pdf

Download (791kB)
[img] Text
CamScanner 12-14-2022 11.06.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang kemampuan interaksi sosialnya rendah ketika di sekolah dan belum maksimal dalam berinteraksi sosial di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini mengungkapkan kualitas pola perlakuan over protective orangtua, kualitas kemampuan interaksi sosial, serta pengaruh pola perlakuan over protective orangtua terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas XI di SMA N 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 86 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel pola perlakuan over protective orangtua secara keseluruhan tergolong kualitas baik sebesar 82,1%. Jika dilihat perindikator persentase tertinggi pada aspek memecahkan masalah tergolong kualitas baik sebesar 76,6% sedangkan persentase terendah pada aspek intimidasi yang berlebihan tergolong kualitas baik sebesar 63,1%. Pada variabel kemampuan interaksi sosial secara keseluruhan tergolong kualitas sedang sebesar 58,0%. Jika dilihat perindikator persentase tertinggi pada aspek kerja sama tergolong kualitas baik sebesar 60,7% sedangkan persentase terendah pada aspek akomodasi tergolong kualitas sedang sebesar 53,9%. Kesimpulan dari hasil penelitian terdapat pengaruh negatif pola perlakuan over protective orangtua terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dari hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai pola perlakuan over protective sebesar -300 dan nilai kemampuan interaksi sosial sebesar 57.667 dengan signifikansi 0.00 besaran nilai R square 0.245 atau 24.5% cukup kuat. Nilai t-hitung 15.444 dan t-tabel -5.219 maka t-hitung > t-tabel (15.444 > -5.219) hipotesis diterima. Dengan demikian semakin tinggi pola perlakuan over protective orangtua akan semakin rendah kemampuan interaksi sosial siswa kelas XI di SMA N 9 Kota Jambi. Hendaknya guru bimbingan dan konseling dapat memperhatikan dan memberikan bantuan kepada siswa yang memiliki kemampuan interaksi yang rendah untuk dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Kata kunci : Kemampuan Interaksi Sosial, Pola Perlakuan Over Protective Orangtua.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: TAMPUBOLON
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:35
Last Modified: 14 Dec 2022 04:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42116

Actions (login required)

View Item View Item