Chintya, Chintya and Sutja, Akmal and Sarman, Freddi (2022) Komunikasi Persuasif Guru BK dalam Pembinaan Disiplin Belajar di SMP Negeri 25 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover[1].pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Lembar_Pengesahan[1].pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
Bab_1[1].pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
Bab_5[1].pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Abstrak[1].pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
Daftar_isi,lampiran,gambar,tabel[1].pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Full[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
Kegiatan Belajar Mengajar tidak terlepas dari interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa. Sebagai siswa ada tugas-tugas sekolah yang wajib di kerjakan dan dilaksanakan, dilingkungan sekolahpun ada aturan yang harus dipatuhi oleh para siswa di sekolah dalam melakukan pembinaan disiplin belajar dapat dilakukan dengan memberikan komunikasi persuasif tujuannya agar siswa mampu merubah sikap dan kebiasaan. Komunikasi persuasif dalam upaya pembinaan disiplin belajar, dimulai dari menarik perhatian siswa, menimbulkan minat siswa, memunculkan hasrat atau keinginan siswa, mengambil keputusan dan menjalankan apa yang sudah diberikan. Saat pembinaan perlu mengajak siswa dan memberikan imbauan emosional kepada siswa agar siswa melakukan perubahan. Dari permasalahan tersebut menjadi dasar penelitian ini untuk: Mendeskripsikan komunikasi persuasif guru BK dalam melakukan pembinaan disiplin belajar dan mendeskripsikan hasil yang dicapai dalam pembinaan disiplin belajar dengan komunikasi persuasif yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sumber data diperoleh dari Guru BK, Siswa dan Wali Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti temukan ini bahwa: komunikasi persuasif yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri 25 Kota Jambi, mengajak siswa untuk disiplin belajar menggunakan kata atau pesan yang mudah untuk dipahami oleh siswa, menunjukan ekspresi yang penuh kelembutan dan empati, memberikan pesan yang bernada ajakan, memberikan informasi tentang disiplin belajar agar siswa tahu bahwa disiplin belajar itu penting, memberikan motivasi, memberikan pandangan kepada siswa dengan contoh realita, gambaran tentang masa depan, gambaran keadaan Orang Tua agar siswa terbuka pemikirannya, sehingga siswa memiliki kesadaran dari dalam dirinya sendiri untuk bertanggung jawab akan tugas-tugas sebagai siswa dan melakukan perubahan untuk dirinya baik perubahan pada sikap, kebiasaan, jalan pikirnya dan perubahan pada nilainya. Hasil yang dicapai yaitu perubahan yang terlihat dari siswa, siswa tertarik dengan apa yang sudah di sampaikan oleh guru BK, dari pembinaan yang dilakukan terdapat perubahan dari nilai, sikap, prilaku, kebiasaan dan cara berpikir siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif, Guru BK, Pembinaan, Disiplin Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Chintya |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 02:41 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |