Upaya Meningkatkan Self-disclosure Melalui Teknik Homeroom dalam Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas VIII D di SMP Negeri 22 Kota Jambi

Asmilasih, Norma and Rasimin, Rasimin and Wahyuni, Hera (2022) Upaya Meningkatkan Self-disclosure Melalui Teknik Homeroom dalam Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas VIII D di SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
pengesahan norma.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Norma Asmilasih A1E118047 SKRIPSI bab 1-5 (revisian).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengungkapan diri atau self-disclosure adalah kemampuan seseorang menyampaikan informasi kepada orang lain yang meliputi pikiran atau pendapat, keinginan, perasaan maupun perhatian. Berdasarkan pengamatan dan diperkuat dari hasil wawancara pada salah satu guru BK dan sosiometri kelas VIII D, diperoleh adanya siswa dengan tingkat self-disclosure rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar peningkatan pengungkapan diri (self-disclosure) siswa kelas VIII D di SMP Negeri 22 Kota Jambi melalui teknik homeroom dalam layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Layanan (PTL). Subjek penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Kota Jambi, menggunakan teknik homeroom dalam layanan bimbingan kelompok, dengan kriteria siswa yang kurang mampu dalam mengungkapkan dirinya, lalu kurang memiliki keakraban sehingga sulit dalam mengungkapkan pendapat, perasaan dan masalah dirinya kepada teman, guru BK dan orang tua. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yakni setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Sedangkan untuk melihat proses dari siklus yang telah dilakukan yaitu degan menggunakan observasi, wawancara dan didukung dengan kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-disclosure siswa dapat ditingkatkan melalui BKP dengan teknik homeroom. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ke 3 memperoleh hasil terbaik yaitu tingkat pengungkapan diri (self-disclosure) siswa melalui lembar kriteria keberhasilan meningkat sebesar 91%, hasil presentase proses kegiatan layanan Bimbingan Kelompok 98% dan rata-rata keaktifan siswa dalam penerapan teknik mencapai 85% berjalan aktif. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi trobosan bagi praktisi Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan ilmu untuk membantu meningkatkan pengungkapan diri (self-disclosure) siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan diri, teknik homeroom, bimbingan kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Asmilasih
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:41
Last Modified: 15 Dec 2022 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42130

Actions (login required)

View Item View Item