Zepia, Erpin (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM IMLA’ IKHTIBARI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IPA 1 SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text
Erpin Zepia.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Zepia, Erpin. 2022. Analisis Kesalahan Siswa dalam Imla’ Ikhtibari Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI IPA 1 SMA Islam Al-falah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Abdul Muid, S.Pd.I., M.Pd., (II) M. Rohiq, S.S., M.A. Kata Kunci: Problematika, Bahasa Arab, Imla’ Ikhtibari Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan dan kesalahan siswa dalam penulisan bahasa Arab dengan metode imla’ ikhtibari serta problematika yang menjadi penghambat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab terutama pada maharah kitabah pada siswa Kelas XI IPA 1 SMA Islam Al-falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-falah Kota Jambi pada bulan Agustus-September 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes kebahasaan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Arab dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Al-falah Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Al-falah Kota Jambi sudah bisa menulis bahasa Arab dengan baik dan benar dengan menggunakan metode imla’ ikhtibari tanpa melihat bentuk tulisan dari media buku atau media lainnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kebahasaan yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA 1. Namun, sebagian siswa lainnya masih terdapat kesalahan-kesalahan dalam menulis kata maupun kalimat yang didiktekan. Kesalahan-kesalahan tersebut berupa kesalahan dalam menuliskan huruf, harakat, dan kata serta tanwin yang diganti dengan huruf nun diakhir kalimat. Problematika dalam pembelajaran bahasa Arab terutama pada maharah kitabah disebabkan oleh berbagai faktor, yakni faktor latar belakang pendidikan, faktor lingkungan, faktor fasilitas, faktor media pembelajaran serta faktor dari siswa sendiri yang kurang berminat untuk mempelajari bahasa Arab. Banyak dari siswa yang masih belum mampu menuliskan bahasa Arab dengan benar berasal dari sekolah yang tidak menerapkan bahasa Arab seperti SMPN dan bahkan siswa tersebut belum pernah belajar bahasa Arab sebelumnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Bahasa Arab, Imla’ Ikhtibari |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | ZEPIA |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 08:24 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |