Puspita Sari, Vina and Yusra, Affan and rasimin, rasimin (2022) PENGARUH TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi vina puspita sari 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
persetujuan dan pengesahan.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Minat Belajar siswa Di SMPN 19 Kota Jambi Oleh : Vina Puspita Sari NIM : AE118044 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd 2. Affan Yusra, S.Pd., M.Pd Pendidikan merupakan proses belajar mengajar. Peran yang belajar dan mengajar harus sama-sama seimbang. Agar dalam proses pelaksanaan berjalan lancar dan tujuan dapat tercapai. Untuk mewujudkan tujuan belajar terdapat aspek pendukung sehingga mencapai keberhasilan belajar. Salah satunya adalah minat belajar. Guru (yang mengajar) menggunakan berbagai metode dalam pengajaran, sehingga materi yang disampaikan terhadap siswa (yang belajar) dapat dicerna dan diterima. Seringkali keberhasilan belajar siswa sulit dicapai, karena siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Penggunaan metode yang tepat dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Jika metode yang digunakan dirasa tepat maka minat belajar siswa meningkat, terlebih penggunaan bahasa saat menjelaskan pada siswa mudah dimengerti. Tutor sebaya merupakan metode yang memberdayakan siswa dengan daya serap tinggi untuk membimbing siswa lain yang kurang memahami materi dalam belajar dengan menggunakan bahasa setara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh tutor sebaya terhadap minat belajar siswa di SMPN 19 Kota Jambi. Penelitian ini adalah kuantitatif expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMPN 19 Kota Jambi dengan jumlah 183 siswa. Dalam penelitian peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan teknik analisis melalui uji normalitas, uji linearitas dengan bantuan program SPSS 20.00. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas tutor sebaya berada pada kategori baik dengan persentase 72,23% serta minat belajar berada pada kategori baik dengan persentase 71,98%.. Nilai perolehan konstanta sebesar 16,588 yang artinya jika variabel tutor sebaya nilainya 0 maka minat belajar nilainya sebesar 16,588. tutor sebaya mengalami kenaikan satu satuan maka minat belajar akan meningkat sebesar 0.859 pada konstanta 16,588. Berikutnya untuk menguji hipotesis, uji t memilki kriteria yaitu jika t hitunng ≥ t tabel maka Ha diterima Dan Ho ditolak. Nilai t tabel pada ingkat signifikan 0.05 dan dk n-2 yaitu 1,666. hasil uji t menggunakan SPSS yaitu nilai t hitung ≥ t tabel yaitu 11,358 ≥ 1,666 maka Ha diterima Ho ditolak artinya “Terdapat Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di SMPN 19 Kota Jambi” Kata Kunci : Tutor Sebaya, Minat Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 03:23 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |