ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN STEADINESS BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV

Jannah, Miftahul (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN STEADINESS BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis yang rendah yang dialami oleh siswa dalam memperkuat penguasaan konsep matematis yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal terutama soal cerita. Berbagai studi menyebutkan bahwa komunikasi matematis dipengaruhi oleh kepribadian dan gender salah satunya adalah tipe kepribadian steadiness. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis serta faktor faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan tipe kepribadian steadiness berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal cerita pada materi spldv. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII A SMPN. 30 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini merupakan 6 orang siswa kelas VIIIA yang dipilih berdasarkan test kepribadian DISC untuk mendapatkan siswa dengan tipe kepribadian steadiness. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar soal cerita materi SPLDV dan pendoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan thinkaloud. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan tahap yakni reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator Kemampuan menggambar, meliputi kemampuan menyatakan situasi atau ide-ide matematik dalam bentuk gambar, diagram, atau grafik dialami oleh SS-1 Lk, SS-2 Lk, SS-3 Lk, SS-1 Pr, SS-3 Pr; indikator Kemampuan membuat ekspresi matematik, meliputi kemampuan menyatakan situasi, gambar, diagram, atau benda nyata ke dalam bahasa, symbol, ide atau model matematika tidak dialami oleh semua subjek; dan indikator Kemampuan menuliskan jawaban dengan bahasa sendiri, meliputi kemampuan : a. menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara tertulis; b. mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraph matematika dalam bahasa sendiri; c. kemampuan menyusun argument atau mengungkapkan pendapat dan memberikan penjelasan secara tertulis atas jawaban yang diberikan dialami oleh SS-1 Lk, SS-2 Lk. Adapun temuan faktor yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah matematis adalah faktor kemampuan membaca, diskusi dan menulis serta faktor pemahaman matematika. Faktor kemampuan membaca, diskusi dan menulis yang ditemukan pada penelitian ini adalah kemampuan memahami masalah dari informasi yang ada baik dalam bentuk diagram dan gambar serta faktor pemahaman matematika yang muncul dari kemampuan prasyarat yang tidak dipahami.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kepribadian Steadiness, Gender, Soal Cerita, SPLDV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: JANNAH
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:32
Last Modified: 15 Dec 2022 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42209

Actions (login required)

View Item View Item