PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP N 22 KOTA JAMBI

COSTULATA, DYERA PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP N 22 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL (RRA1C212029).pdf

Download (641kB)

Abstract

Salah satu Kelemahan membuat model matematika siswa pada indikator kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang rendah pada materi Segitiga dan Segiempat yaitu menentukan rumus dari Materi segitiga segitiga dan segiempat dari soal cerita. Selain itu penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat oleh guru. Hal ini dikarenakan siswa tidak dituntut untuk dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu mengatasi kesulitan tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan bagaimana penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching dengan materi Segitiga dan Segiempat terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di SMP N 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal post test kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat dari uji-t nilai post test kedua sampel dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh hasil t_hitung > t_tabel yaitu 2,12556 > 1,66902 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Dari hasil perhitungan rata-rata lembar observasi rata-rata seluruh tahapan aktivitas guru pada kedua kelas berdasarkan kriteria termasuk ke dalam kriteria Sangat Baik. Begitupun dengan lembar observasi rata-rata seluruh tahapan aktivitas siswa rata-rata pada kedua kelas berdasarkan kriteria termasuk ke dalam kriteria baik dan Sangat Baik, siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan pendekatan Reciprocal Teaching lebih berpartisipasi untuk aktif dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan. Baik itu bertanya kepada guru ataupun kepada teman. Selain aktif mengajukan pertanyaan siswa juga aktif dalam diskusi dan kerja kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di SMP N 22 Kota Jambi. Pembelajaran dengan pendekatan Reciprocal Teaching dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika salah satunya pada materi Segitiga dan Segiempat. Penelitian ini hanya dilakukan pada materi Segitiga dan Segiempat dengan pendekatan Reciprocal Teaching, diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melaksanakan penelitian yang serupa pada materi yang berbeda, untuk mengukur aspek yang lain atau jenjang sekolah yang berbeda.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: DYERA COSTULATA
Date Deposited: 07 May 2018 00:47
Last Modified: 07 May 2018 00:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item