ANALISIS GEOMETRI DAN KELAYAKAN JALAN ANGKUT TAMBANG BERDASARKAN NILAI ATTERBERG DAN CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR) DI PT. INTI BARA NUSALIMA

NURAUNINGSIH, SRI WULAN (2022) ANALISIS GEOMETRI DAN KELAYAKAN JALAN ANGKUT TAMBANG BERDASARKAN NILAI ATTERBERG DAN CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR) DI PT. INTI BARA NUSALIMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi Sri Wulan Nur Auningsih F1D117016 Teknik Pertambangan.pdf

Download (230kB)
[img] Text
SKRIPSI SRI WULAN NUR A. F1D117016 TEKNIK PERTAMBANGAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

PT. Inti Bara Nusalima ialah perusahaan tambang batubara yang terletak di Desa Jangga, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan sistem penambangan terbuka. Jalan angkut di PT. IBN memiliki panjang 4.442,857 m yang mana belum dilakukan pengkajian terhadap geometri jalan angkut dan pengkajian mengenai daya dukung tanah. Apabila terjadi hujan, proses pengangkutan batubara di perusahaan ini dihentikan. Hal ini disebabkan oleh ada beberapa bagian jalan yang mengalami amblesan dan adanya air yang tergenang di jalan angkut. Selain permasalahan tersebut, kondisi jalan yang relatif sempit mengakibatkan terjadinya antrian pada alat angkut yang digunakan, serta ada beberapa bagian jalan yang memiliki kemiringan jalan yang terlalu curam. Dalam penelitian ini, dengan perhitungan geometri dibagi menjadi 32 segmen yang mana kondisi jalan lurus ada 25 segmen dan kondisi jalan belokan ada 7 segmen. Nilai CBR sampel tanah jalan angkut tambang pada PT. IBN yaitu rata-rata memiliki nilai <20%, sehingga tanah tersebut belum memenuhi peraturan jalan tambang yang baik. Sedangkan nilai Atterberg dari jalan angkut tambang digunakan untuk menentukan klasifikasi tanah, berdasarkan hasil penelitian Titik 1 hingga Titik 10 rata-rata termasuk dalam klasifikasi AASTHO A-6 dan A-7 dengan klasifikasi USCS termasuk pada tipe CL. Dari hasil pengklasifikasian tersebut tipe A-6 dan A-7 serta tipe CL tidak dapat digunakan sebagai tanah jalan angkut tambang. Berdasarkan hasil perhitungan geometri jalan dan pengujian sampel di laboratorium, jalan angkut menuju ke stockpile di PT. IBN belum layak sehingga dibutuhkan banyak perbaikan baik dari aspek geometri jalan maupun aspek jenis tanah yang dipakai sebagai jalan angkut.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: road geometry, CBR, Atterberg
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan
Depositing User: AUNINGSIH
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:33
Last Modified: 15 Dec 2022 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42227

Actions (login required)

View Item View Item