PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI

HARTANTI, LUSI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
artikel.pdf

Download (786kB)

Abstract

ABSTRAK Lusi Hartanti. 2018. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 10 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Rahmat Murboyono, M. Pd, Pembimbing II Drs. H. Arpizal, M. Pd Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan pada waktu PPL tahun 2016/2017, guru IPS Terpadu di SMPN 10 Kota Jambi masih kurangnya kompetensi guru meliputi: kompetensi pedagogik di mana guru pada saat proses pembelajaran masih kurang variatif dalam penggunaan metode pembelajaran, kompetensi profesional dimana guru tidak mengaitkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa, kompetensi kepribadian dimana guru sering terlambat masuk kelas setelah jam pergantian pelejaran berbunyi, dan kompetensi sosial dimana guru masih kurang dalam berinteraksi dengan masyarakat yang bisa membantu dalam proses pembelajaran. Selain itu masih banyak keterbatasan penggunaan fasilitas belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 10 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu kopetensi pendagogik 〖(X〗_1), dan fasilitas belajar〖 (X〗_1), (Variabel terikat (dependen variabel). Hasil Belajar (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di SMPN 10 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, untuk variabel kualitas kompetensi pedagogik (X1) sebesar 0.383 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.383 (X1). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 2,666 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 65 maka t tabel = 1.6686 dengan sig = 0,00, untuk variable fasilitas belajar (X2) sebesar 0,228 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.228 (X2). Pada tabel tersebut nilai t sebesar 1,870 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 65 maka t tabel = 1.6686, dengan sig = 0,00, diketahui Rsquare = 0,520 sementara rtabel = 0, 244 Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 52.0%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP N 10 Kota Jambi dengan persentase sebesar 52%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: LUSI HARTANTI
Date Deposited: 09 May 2018 00:29
Last Modified: 09 May 2018 00:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item