PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 2 KOTA JAMBI

WULANDARI, NELYSA (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Nelysa. 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMK N 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Firman, M.Si., (II) Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd., Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMK N 2 Kota Jambi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK N 2 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 guru dengan teknik pengaambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 5,381>2,010, dengan presentase sebesar 36,7%. Oleh karena itu terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru , maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 6,171>2,010, dengan presentase sebesar 43,2%. Oleh karena itu terdapat pengaruh signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja guru, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 28,608>3,18 dengan presentase sebesar 53,9% sisanya yaitu 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Oleh karena itu terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah, budaya organisasi terhadap kinerja guru, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya harus memperhatikan keseimbangan antara pemahaman situasi tugas dan pemeliharaan hubungan baik dengan guru, tenaga administratif maupun siswa dan dengan gaya kepemimpinan situasional yang sangat baik, maka dapat dipertahankan dan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan mengelola sekolah lebih baik lagi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: wulandari
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:28
Last Modified: 16 Dec 2022 03:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42234

Actions (login required)

View Item View Item