Lisnawati, Ari (2022) UPAYA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, Bimbingan Konseling.
![]() |
Text
Cover ari.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
pengesahan sidang.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-WPS Office.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB I skripsi.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB V skripsi.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka ar.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
ARI LISNAWATI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan untuk melakukan penundaan pengerjaan tugas dengan melakukan hal-hal lain yang di anggap lebih menyenangkan dan dilakukan dengan sengaja sehingga tugas tidak tuntas. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada tanggal 12 Desember 2021 di SMP Negeri 10 Kota Jambi kelas VIII ditemukan 9 orang siswa yang mengalami prokrastinasi akademik. Dengan menggunakan teknik self management pada layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik yang siswa alami. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan layanan (PTL). Kriteria pengambilan sampel (subjek penelitian) yaitu purposive sampling dengan jumlah 10 orang kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 1 tindakan dan penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaprokrastinasi akademik siswa dapat dikurangi dengan menggunakan teknik self management. Dari hasil angket awal sebelum pelaksanaan siklus diperoleh presentase sebesar 91,8% dan angket akhir setelah selesai siklus III diperoleh presentase sebesar 44,6%. Hasil ini menunjukkan adanya pengurangan prokrastinasi akademik pada siswa. Sedangkan hasil observasi presentase per-siklus diperoleh: Siklus I presentase keseluruhan sebesar 46%, perolehan hasil siklus II dengan presentase sebesar 64%, perolehan presentase siklus III sebesar 88%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya perubahan yang positif dari siswa dan hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru BK dalam meningkatkan perilaku prososial rendah siswa dalam aspek berbagi, kerjasama, menolong, menyumbang dan kejujuran. Kata Kunci: Prokrastinasi akademik, Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LISNAWATI |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 06:39 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |