Sasmita, Julia (2022) PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) SISWA DI SMK NEGERI 9 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI JULIA SASMITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan e-learning dalam meningkatkan literasi ICT siswa di SMK Negeri 9 Muaro Jambi dan kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan literasi ICTnya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Infroman dalam penelitian ini adalah Siswa dan Guru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis penyajian data dimulai dari pengumpulan seluruh data dari hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning terbukti dapat meningkatkan literasi ICT siswa SMK Negeri 9 Muaro Jambi dilihat dari penggunaan e-learning telah memberikan manfaat pada siswa, sehingga siswa mampu menggunakan teknologi yang ada dengan baik sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, banyak pengetahuan yang di dapat setelah menggunakan e-learning, seperti beberapa aplikasi yang sebelumnya belum bisa mereka gunakan setelah pembelajaran melalui e-learning mereka menjadi bisa menggunakan aplikasi tersebut, siswa dapat menggunakan teknologi yang ada untuk belajar dan mengakses informasi yang mereka butuhkan. Adapun kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan literasi ICTnya yaitu kekurangan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah tersebut seperti Wi-fi dan jaringan internet yang tidak stabil. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk sekolah agar segera melengkapi fasilitas TIK yang masih kurang di SMK Negeri 9 Muaro Jambi. Di samping itu, guru sebagai pelaksana inti dari satuan pendidikan disarankan untuk memberikan materi yang mudah dipahami oleh siswa pada saat pembelajaran e-learning.siswa juga harus banyak menggunakan teknologi mengakses internet untuk mencari ilmu.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | SASMITA |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 02:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |