ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DI DESA PEMATANG KABAU KECAMATAN AIR HITAM KABUPATEN SAROLANGUN

Silangit, Novry Br Purba (2022) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DI DESA PEMATANG KABAU KECAMATAN AIR HITAM KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, Agribisnis.

[img] Text
Skripsi_Novry Br Purba Silangit_repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (210kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui saluran pemasaran tandan buah segar (TBS) dengan pola perkebunan plasma yang ada di Desa Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam, dan 2) Mengetahui efisiensi pemasaran tandan uah segar (TBS) dengan pola perkebunan plasma di Desa Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam. Penelitian ini dilaksanakan di Desa pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun dengan jumlah sampel sebanyak 39 petani, 3 pedagang pengumpul dan 1 KUD. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui saluran pemasaran tandan buah segar di Desa Pematang Kabau, dan analisis kuantitatif meliputi analisis margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan atas biaya, efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat 2 saluran pemasaran tandan buah segar (TBS) dengan pola perkebunan plasma di Desa Pematang Kabau dimana pada saluran I melibatkan KUD untuk menyampaikan TBS kepada konsumen akhir (pabrik) dan saluran II melibatkan pedagang pengumpul/tengkulak untuk menyampaikan TBS kepada konsumen akhir. (2) Berdasarkan nilai margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan atas biaya, efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis, saluran yang memberikan tingkat efisiensi tertinggi ialah saluran II, dimana pada saluran pemasaran II memiliki nilai margin pemasaran terkecil yaitu 234,12/Kg, nilai farmer’s share 78,71% dan rasio keuntungan terbesar yaitu 2,38, jika dilihat dari efisiensi teknis saluran ke II memiliki nilai efisiensi teknis terkecil yaitu 2,23 dan nila efisiensi ekonomis terbesar yaitu 2,38 dibanding dengan saluran I. Kata Kunci : Pemasaran TBS Pola Perkebunan Plasma, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Rasio Keuntungan Atas Biaya, Efisiensi Teknis, Efisiensi Ekonomis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: SILANGIT
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:53
Last Modified: 16 Dec 2022 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42377

Actions (login required)

View Item View Item