PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MELAKUKAN TRANSAKSI JUAL-BELI MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Sinaga, Oktaviyani Pestauli (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MELAKUKAN TRANSAKSI JUAL-BELI MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI..pdf

Download (40kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (55kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (101kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui dan menganalisa perlindungan hukum yang didapatkan konsumen dan pelaku usaha menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen. 2)Untuk mengetahui dan menganalisa upaya konsumen yang telah melakukan transaksi jual-beli melalui media sosial Facebook menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian: metode penelitian yang digunakan penelitian hukum yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, pendekatan kasus.. Hasil penelitian adalah: 1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) hukum telah memberikan perlindungi bagi konsumen. Namun media Facebook adalah bukan E-Commerce. Sehingga secara hukum konsumen perlu membaca perjanjian-perjanjian yang spesifik yang diatur dalam hukum perdata. 2)Upaya yang dapat dilakukan konsumen sebagai korban yang melakukan transaksi jual-beli melalui media sosial Facebook menurut pasal 4 UUPK konsumen memiliki hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut. Dapat menggunakan akses melalui pengadilan maupun diluar pengadilan. Ada 3 lembaga perlindungan konsumen diluar pengadilan antara lain: Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Transaksi Jual-Beli, Media Sosial

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Transaksi Jual-Beli, Media Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: SINAGA
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:38
Last Modified: 16 Dec 2022 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42454

Actions (login required)

View Item View Item