KURNIASIH, DEDEH (2022) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAS KONTINUITAS. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning pada pembelajaran daring terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen yaitu factorial design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMAN 4 Muaro Jambi sebanyak 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, kuesioner gaya belajar siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data kemudian dianalisis memnggunakan uji hipotesis two way anova dan analisis N-gain. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh model problem based learning dengan model direct instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pembelajaran daring. Selanjutnya, terdapat perbedaan signifikan pengaruh gaya belajar visual, aural, read/write, dan kinesthetic terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Serta, terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Terakhir, efektivitas problem based learning pada pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa adalah dalam kategori tinggi sedangkan model direct isntruction dalam kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, gaya belajar VARK
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, gaya belajar VARK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Kurniasih |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 01:36 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |