PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS MIND MAP MATERI KLASIFIKASI SERANGGA ORDO ODONATA UNTUK SISWA KELAS X SMA

Arinda, Kurnia Salsabillah (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS MIND MAP MATERI KLASIFIKASI SERANGGA ORDO ODONATA UNTUK SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (835kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARINDA KURNIA SALSABILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar siswa pada materi klasifikasi serangga ordo Odonata untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa e-modul berbasis mind map dengan materi klasifikasi serangga ordo Odonata untuk siswa kelas X SMA. Hasil observasi yang telah dilakukan kepada 10 orang siswa kelas X menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengenai materi klasifikasi serangga sebesar 48%. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket wawancara, angket validasi tim ahli, angket penilaian guru, angket tanggapan siswa, dan soal latihan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan dinilai oleh guru selanjutnya diujicobakan pada siswa yang berjumlah 35 orang di kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor yang diperoleh dari validator ahli materi yaitu sebesar 85,88% yang menunjukkan kriteria sangat layak, sedangkan persentase skor yang diperoleh dari validator media yaitu sebesar 87,11% yang menunjukkan kriteria sangat layak. Hasil angket penilaian guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 91,5% yang menunjukkan kriteria sangat baik, dan hasil angket tanggapan siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 90,9% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitas yang diperoleh dari hasil tes soal latihan siswa menunjukkan bahwa e-modul berbasis mind map efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul berbasis mind map materi klasifikasi serangga ordo Odonata yang telah dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar pendamping mata pelajaran biologi kelas X SMA. Kata kunci: e-Modul, Mind Map, Insecta, Odonata This study aims to develop a teaching material form of a mind map based e-module with classifying insects of Odonata order for X grade high school students. The results of observations made on 10 class X students showed that the level of student’s understanding of the insect classification material was 48%. The research method used in this study is Research and Development (R&D) with ADDIE research model. The research instruments used were interview questionnaires, expert team validation questionnaires, teacher assessment questionnaires, student response questionnaires, and practice questions. The product was validated by a team of experts and assessed by the teacher and then tested on all of the students in class X IPA 1 SMAN 4 Jambi City. The results showed that the percentage score obtained from the subject expert validator was 85.88% which indicated the criteria was very worthy, while the percentage score obtained from the media validator was 87.11% which indicated the criteria was very worthy. The results of the teacher’s assessment questionnaire obtained an average percentage of 91.5% which showed very good criteria, and the results of the student’s response questionnaire obtained an average percentage of 90.9% with very good criteria. The results of the effectiveness test obtained show that mind map based e-modules are effectively used in learning. Based on the results of this study, it can be concluded that the mind map based e-module insects classification of Odonata order that have been developed are worthy and effective to be used as teaching materials for high school students. Keywords: e-Modul, Mind Map, Insecta, Odonata

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Mind Map, Insecta, Odonata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SALSABILLAH
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:48
Last Modified: 21 Dec 2022 07:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42467

Actions (login required)

View Item View Item